Senin, 16 Mei 2016

Domain Factors Penentu Peringkat Ranking Website di Google



Aktivis SEO tentu sudah tahu kalau Google memakai sekitaran 200 aspek dalam memastikan ranking satu situs pada hasil pencarian mereka. Apa sajakah beberapa aspek itu? Sebagian pelaku SEO memberi pendapat yang pro-kontra, ada yang dapat dibuktikan, serta ada pula yang cuma spekulasi. Menurut satu artikel yang dimuat di website Backlinko. com, berikut 200 aspek yang memengaruhi ranking situs di Google. 


A. Domain Factors 

1. Usia Domain ; Pada suatu video yang launching oleh Matt Cutts (head spam of Google) dijelaskan kalau umur domain punya pengaruh dalam pemilihan ranking situs di Google, namun pengaruhnya tidaklah terlalu besar. 

“The difference between a domain that’s six months old verses one year old is really not that big at all. ” ~ Matt Cutts 


2. Kata Kunci Nampak di Top Level Domain ; Pengaruhnya tidaklah terlalu besar seperti yang berlangsung pada SEO di saat lantas, tetapi kata kunci (keyword) didalam domain bakal memberi tanda kalau satu domain relevan dengan keyword itu. Sekarang ini ada banyak yang memakai kata kunci (keyword) dalam domain mereka. 

Artikel berkaitan : Panduan Pilih Domain Yang Baik Untuk Website Anda 

3. Kata Kunci Ada Pada Kata Pertama Dalam Domain ; Seperti yang pernah dijelaskan dalam artikel SEO MOZ, domain yang berisi keyword pada kata pertama dalam domain mempunyai kelebihan dari segi SEO dibanding dengan domain yg tidak ada keyword pada root domainnya atau menempatkan kata kunci (keyword) di dalam/akhir domain. 

4. Rentang Pendaftaran Domain di Registrar ; Umumnya domain yang miliki value bakal didaftarkan dalam rentang saat yang cukup panjang, umpamanya 3 – 5 th. sekalian. Tak seperti domain untuk situs doorway yang umumnya didaftarkan tak kian lebih setahun saja. 

“Valuable (legitimate) domains are often paid for several years in advance, while doorway (illegitimate) domains rarely are used for more than a year. Therefore, the date when a domain expires in the future can be used as a factor in predicting the legitimacy of a domain”. ~ Google’s Patent 

5. Kata Kunci Pada Nama Subdomain ; Berdasar pada Moz panel, keyword yang ada pada subdomain bakal punya pengaruh pada SEO satu situs, umpamanya subdomain kata kunci (keyword). maxmanroec. com. 

6. Histori Kepemilikan Domain ; Histori kepemilikan satu domain dapat punya pengaruh pada SEO. Sebagian website untuk mengecheck kepemilikan website, seperti Who. is bakal memberi info kepemilikan satu domain ke Google serta Google mungkin me-reset history atau histori domain itu, umpamanya menghapus back link yang pernah mengacu ke domain itu. 

7. Exact Match Domain (EMD) ; Sebagian waktu lalu pihak Google memberi penalty pada website dengan domain EMD, tetapi ini cuma berlaku pada website yang mutunya jelek. Bila Anda bangun situs yang berkwalitas baik dengan content yang berguna, EMD tetaplah bakal memberi keuntungan dari segi SEO. 

8. Private vs Public WhoIs ; WhoIs yang disetting Private yaitu satu tanda-tanda kalau ada suatu hal yang “disembunyikan”. Menurut Matt Cutts aktifkan private WhoIs tak automatis menyebabkan jelek pada situs. Namun ini dapat punya pengaruh pada ‘Trust’ customer maupun search engine sendiri pada suatu situs. 

“…When I checked the whois on them, they all had “whois privasi protection service” on them. That’s relatively unusual. Having whois privasi turned on isn’t automatically bad, but once you get several of these factors all together, you’re often talking about a very different tipe of webmaster than the fellow who juicet has a single site or so. ” ~ Matt Cutts 

9. Nama Yang memiliki Domain Terserang Penalty : Google dapat tahu nama yang memiliki satu situs dengan pertolongan WhoIs (atau mungkin saja dengan software mereka sendiri). Nah bila Google mengidentifikasi seorang yaitu SPAMMER, ini dapat menyebabkan nama yang memiliki domain itu terserang penalty, pastinya sesudah Google lakukan riset pada sebagian domain yang dipunyai oleh nama itu. 

10. Country TLD Extension ; Mempunyai domain dengan ekstensi negara spesifik, umpamanya. co. id, . us, . it, bakal menolong tingkatkan ranking situs tersebut di negara spesifik, namun bakal membatasi kekuatan situs itu untuk ranking dengan cara global.

Artikel Terkait

Domain Factors Penentu Peringkat Ranking Website di Google
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email